MODAL SOSIAL DALAM USAHA DAGANG PADA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL MODERN PASCA KEBAKARAN DI KOTA BENGKULU

MARISKA, NIDYA and Nurhayati, Darubekti and Yunilisiah, Yunilisiah (2021) MODAL SOSIAL DALAM USAHA DAGANG PADA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL MODERN PASCA KEBAKARAN DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI BENAR YA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan
bahwa kehidupan para pedagang yang berjualan di Pasar Tradisioanl Modern
Kota Bengkulu adakalanya mengalami kesulitan atau membuthkan bantuan dari
pedagang lainnya, dalam mengatasi kesusahan tersebut para pedagang
memanfaatkan modal sosial yang ada pada para pedagang untuk dalam membantu
bangkit pasca kebakaran yang telah terjadi salah satunya memanfaatkan modal
sosial. Modal sosial merupakan investasi sosial yang meliputi, jaringan,
kepercayaan, nilai norma, dan tindakan proaktif , hubungan timbal balik,. Bentuk
modal sosial yang ada pada para pedagang berupa memberikan bantuan tanpa
imbalan, memiliki hubungan bukan Cuma antar pedagang akan tetapi terhadap
para pembeli juga, saling memiliki rasa percaya dengan orang lain. Keberadaan
modal sosial yang ada pada para pedagang Pasar Tradisoanal Modern Kota
Bengkulu memberikan dapak yang cukup bermanfaat bagi para pedagang seperti
pasa kebakaran yang telah terjadi. Modal sosial yang ada pada para pedagang
merupakan hasil dari hubungan yang ada pada anatar sesama pedagang yang
terbentuk karena keseharian yang menghasilkan suatu bentuk sumberdaya sosial.
Modal sosial pada para pedagang di Pasar Tradisional Modern Kota
Bengkulu adalah modal sosial mulai dari norma saling menghargai antar sesama
pedagang. Selanjutnya sikap saling mempercaiyai anatar sesama pedagang dalam
kehidupan bertetangga baik di lingkungan masyarakat rumahnya maupun
lingkungan masyarakt antar sesama pedagang, dari kepercayaan yang ada tersebut
muncul rasa untuk saling memberikan bantuan dan tolong menolong tanpa
mengharapkan balasan, hal ini member

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 08 May 2024 03:25
Last Modified: 08 May 2024 03:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17975

Actions (login required)

View Item
View Item