Indawati, Dwi and Loesida , Roeliana and Budiyono , Budiyono (2010) ANALISIS PELAYANAN PENYALURAN KREDIT USAHA KECIL DAN MENENGAH OLEH BANK SYARIAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.
![Dwi Indawati ok.pdf [thumbnail of Dwi Indawati ok.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dwi Indawati ok.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pelayanan Penyaluran Kredi Usaha Kecil dan
Menengah oleh Bank Syariah”. Permasalahan yang diteliti adalah Bagaimanakah
Pelayanan Penyaluran Kredit Usaha Kecil dan Menengah oleh Bank Muamalat
Indonesia Cabang Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendapatkan data tentang Pelayanan Penyaluran Kredit Usaha kecil dan Menengah
oleh Bank Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan,
dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Sasaran penelitian terdiri dari
informan yang memberikan pelayanan sebanyak 4 orang dan responden yang
mendapatkan pelayanan sebanyak 10 orang. Dalam penelitian ini hanya ada satu
variabel tunggal yakni Pelayanan Penyaluran Kredit Usaha Kecil dan Menengah oleh
Bank Syariah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan penyaluran kredit
usaha kecil dan menengah oleh Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu telah
dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan mengacu pada aspek yang berkeadilan,
kemudahan dan kemanfaatan. Aspek keadilan diukur melalui indikator yang meliputi
memberikan kredit secara antrian, memberikan kesempatan bagi setiap golongan
usaha dan tidak memandang perbedaan keyakinan/agama. Aspek kemudahan diukur
melalui indikator yang meliputi:nasabah dapat mengetahui informasi dengan mudah
dan jelas serta prosedur yang mudah. Aspek kemanfaatan diukur melalui indikator
yang meliputi:menguntungkan kedua belah pihak dan kerugian yang ditanggung
bersama. Meskipun pelaksanaannya telah sesuai dengan aspek yang berkeadilan,
kemudahan dan kemanfaatan tetapi belum optimal. Karena itu, perlu pembenahan
demi terciptanya pelayanan yang berkualitas. Maka saran yang peneliti ajukan antara
lain adalah perlu dilakukan langkah-langkah kongkrit untuk lebih menunjukkan
adanya transparansi dalam hal penyaluran kredit di BMI Cabang Bengkulu. Perlu
diupayakan komunikasi yang intensif antar petugas dan nasabah dalam setiap proses
tahapan penyaluran kredit dimulai dari permohonan pembiayaan hingga pencairan
dana, dengan demikian ada keharmonisan dalam upaya menyalurkan dana / kredit
secara efektif, terbuka / transparan, adil dan tidak diskriminatif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 22 Nov 2013 19:07 |
Last Modified: | 22 Nov 2013 19:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1833 |