METODE PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL HABIBILLAH (Studi Kasus Di Raudhatul Athfal Habibillah Pekik Nyaring)

MAIMUNAH, IIN and Sri, Handayani Hanum and Heni, Nopianti (2021) METODE PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL HABIBILLAH (Studi Kasus Di Raudhatul Athfal Habibillah Pekik Nyaring). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI IIN MAIMUNAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pembelajaran di
Raudhatul Athfal Habibillah Pekik Nyaring. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi yang peneliti lakukan dengan mengamati aktivitas
saat kegiatan belajar mengajar, wawancara dilakukan secara semi terstruktur yaitu
tanpa memberikan alternatif jawaban mengenai metode pembelajaran yang guru
terapkan, dan dokumentasi sebagai penguat dalam penyajian data. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori
tindakan sosial sebagai alat analisis. Pemilihan informan dengan menggunakan
teknik purposive sampling yang terdiri dari 5 orang guru berdasarkan pada kriteria
informan yaitu guru yang sudah mengajar selama minimal 10 tahun sejak
berdirinya Raudhatul Athfal Habibillah pada tahun 2001 sampai dengan sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran di Raudhatul Athfal
Habibillah yaitu menggunakan metode pembiasaan, metode bernyanyi, metode
hadiah dan hukuman, metode keteladanan, metode bercakap-cakap, metode
demonstrasi, dan metode pemberian tugas.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:02
Last Modified: 21 Jun 2024 03:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18512

Actions (login required)

View Item
View Item