Hajirin, M. Eldian and Lizar, Alfansi and Rina, Suthia Hayu (2021) PEMASARAN KOMUNITAS DAN BUDAYA LAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK DAN DAMPAKNYA KEPADA WORD OF MOUTH (WOM) PADA PRODUK PEMBIAYAAN PENSIUN DI PT BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
tesis_eldian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
PT. Bank Syariah Mandiri Kc Bengkulu sebagai bank yang beroperasi atas
dasar prinsip syariah Islam dan menetapkan shared values perusahaan yang
menempatkan layanan sebagai inti budaya organisasi. Begitu juga dengan
pemasaran komunitas, PT. Bank Syariah Mandiri Kc Bengkulu memiliki target
yang harus dicapai untuk produk pembiayaannya sehingga mereka menyusun
strategi pemasaran yang tepat agar nasabah tertarik untuk mengajukan pembiayaan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh community marketing
terhadap kepercayaan merek, (2) mengetahui pengaruh community marketing
terhadap WOM, (3) mengetahui pengaruh budaya layanan terhadap word of mouth,
(4) mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap word of mouth, (5)
mengetahui pengaruh budaya layanan terhadap kepercayaan merek, (6) mengetahui
pengaruh kepercayaan merek dalam hubungan community marketing terhadap word
of mouth, (7) mengetahui pengaruh kepercayaan merek dalam hubungan budaya
layanan terhadap word of mouth.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, responden adalah
seluruh nasabah pensiun di PT. Bank Syariah Mandiri kc Bengkulu jumlah 209
orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data dengan analisis
deskriptif dan metode analisis Structural Equation Modeling.
Hasil penelitian diketahui bahwa pemasaran komunitas berpengaruh positif
terhadap kepercayaan merek, artinya semakin baik pemasaran komunitas maka
kepercayaan merek akan semakin tinggi. Pemasaran komunitas tidak berpengaruh
terhadap ke word of mouth, artinya semakin pemasaran komunitas tidak dapat
memprediksi perilaku word of mouth. Budaya layanan berpengaruh positif terhadap
kepercayaan merek, artinya semakin baik budaya layanan maka kepercayaan merek
akan semakin tinggi. Budaya layanan berpengaruh positif terhadap word of mouth,
artinya semakin baik budaya layanan maka word of mouth akan semakin tinggi.
Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap word of mouth, artinya semakin
tinggi kepercayaan merek maka word of mouth akan semakin tinggi. Pemasaran
komunitas berpengaruh secara tidak langsung terhadap word of mouth melalui
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 09:10 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 09:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18522 |