Pujilestar, Yeni and Heri, Supriyanto and Mas , Agus Firmansyah (2010) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN XL VERSI ORANG UTAN ( Pemaknaan iklan televisi ”XL versi orang utan nggak usah mikir” Pada masyarakat kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.
![YENI PUJI LESTARI.pdf [thumbnail of YENI PUJI LESTARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YENI PUJI LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (889kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya iklan XL versi orang utan ”nggak
usah mikir” yang unik, kreatif, berani sekaligus merupakan iklan yang
menimbulkan multi interpretasi dan kontroversi dari masyarakat. Penelitian ini
memfokuskan diri pada kajian utama tentang eksekusi audio visual dan cinematik
serta pemaknaan iklan yang berada disekitar lingkup sosial budaya. Penelitian ini
menggunakan perspektif kualitatif dengan paradigma kritis analisis
semiotika versi Roland Barthes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana makna tanda orang utan sekaligus mengetahui makna pesan yang
tersembunyi pada iklan XL versi orang utan ”nggak usah mikir” yang
merupakan unit analisis pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik
purposive sebagai teknik penetapan unit analisis. Teknik pengumpulan data
adalah studi dokumentasi dan wawancara dengan analisis triangulasi sebagai
teknik keabsahan datanya. Setelah dilakukan proses transkripsi, identifikasi
dan analisis data ditemukan bahwa secara audio visual iklan XL cenderung
berkesan informal, ceria dan santai dengan menggunakan pendekatan humor dan
sindiran namun tetap to the point / langsung. Selain itu, iklan ini cenderung
memunculkan nilai-nilai ”simplising” dan ”kecerdasan” yang identik dengan
gaya hidup masyarakat kota. Akhirnya nilai-nilai ”simplising” dan ”kecerdasan’
tersebut merangkum sebuah simbol ”modernitas” yang didekonstruksi XL
sebagai sebuah nilai-nilai yang diharapkan akan menjadi sebuah jembatan untuk
mendekatkan diri terhadap audience sasar utama-nya, yaitu masyarakat modern.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 23 Nov 2013 00:13 |
Last Modified: | 23 Nov 2013 00:13 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1863 |