Barokah, Fitriana and Nusril, Nusril and Rahmi, Yuristia (2022) STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK MEREK ADINDA G19 PADA UKM KOPI BUBUK ADINDA G19 GROUP DI KOTA LUBUKLINGGAU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI (BAROKAH FITRIANA) .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Salah satu kegiatan strategi pemasaran dalam suatu perusahaan adalah strategi
segmenting, targeting, dan positioning. Dengan adanya strategi Segmenting, Targeting
dan Positioning diharapkan perusahaan dapat membuka segmen pasar yang sebenarnya
masih besar untuk menghindari persaingan yang sangat ketat. Tujuan dari penelitian ini,
yaitu menganalisis strategi pemasaran UKM Kopi Bubuk Adinda G19 mencakupi; 1)
Segmentasi pasar (segmenting) UKM Kopi Bubuk Adinda G19, 2) Pemilihan segmen
pasar (targeting) UKM Kopi Bubuk Adinda G19, 3) Posisi bersaing (positioning)
melalui bauran pemasaran unsur 4P (Product, Price, Place and Promotion) berdasarkan
STP. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
teknik analisis kuantitatif dan kualitatif, analisis kuantitatif dengan cara menggunakan
analisis klaster (Cluster analysis), Tabulasi silang (crosstab) dan analisis korespondensi.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Segmentasi pasar (segmenting) berdasarkan
wawancara dengan pemilik UKM Kopi Bubuk Adinda G19 menyatakan bahwa dalam
menentukan segmen pasarnya, berdasarkan usia yaitu > 15 tahun, baik laki-laki maupun
perempuan dari semua kalangan, mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga
menengah keatas. Wilayah untuk segmentasi dipilih Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi
Rawas Utara, Baturaja, Lahat, Sekayu, Jambi, Pekanbaru dan Bengkulu. Dan juga
dipilih konsumen dengan gaya hidup penikmat dan pecinta kopi bubuk. Segmentasi
pasar pada UKM Kopi Bubuk Adinda G19 berdasarkan data yang diolah dari hasil
kuesioner terdapat 3 cluster, yaitu cluster 1 sebanyak 15,47%, cluster 2 sebanyak
48,45% dan cluster 3 sebanyak 36,08% 2) Penetapan segmen pasar (targeting), target
pasar yang dipilih oleh pemilik UKM Kopi Bubuk Adinda G19 bahwa Target pasar
dilihat dari segmen pasar yang paling banyak yaitu laki-laki, untuk usia target pasar
dengan usia > 15 tahun, wilayah yang banyak penjualan yaitu Lubuklinggau dengan
penghasilan tingkat perekonomian menengah kebawah serta menargetkan bagi penikmat
dan pecinta kopi bubuk.
Penetapan segmen pasar (targeting) UKM Kopi Bubuk Adinda G19 dari hasil
wawancara bersama konsumen yaitu dari tiga segmen yang didapatkan dijadikan pasar
sasaran dengan cara memasarkan dan menargetkan produk sesuai dengan kebutuhan
konsumen dari setiap cluster, pada produk dengan kemasan 85 gram dapat ditujukan
kepada konsumen pada cluster dua dan cluster tiga dan kemasan 160 gram ditargetkan
kepada konsumen cluster satu., 3) Posisi bersaing (positioning) UKM Kopi Bubuk
Adinda G19 pemilik UKM Kopi Bubuk Adinda G19 memiliki keunggulan yaitu
memberikan harga yang murah kepada konsumennya dari produk pesaing dan juga
keunggulan dari segi promosi UKM Kopi Bubuk Adinda G19 dilakukannya promosi
secara fisik maupun melalui media sosial. Posisi bersaing (positioning) UKM Kopi
Bubuk Adinda G19 berdasarkan hasil analisis korespondensi dapat disimpulkan bahwa
UKM Kopi Bubuk Adinda G19 dibandingkan produk pesaing lainnya yaitu keunggulan
pada kemasan yang digunakan menarik, kualitas produk yang diberikan lebih baik
dibandingkan dengan produk pesaingnya dan UKM Adinda G19 lebih unggul dalam
melakukan kegiatan promosi yaitu mempromosikannya secara langsung dan melalui
media online.
Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Kopi, UKM Kopi Bubuk Adinda 19
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19128 |