PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Anisa, Anisa and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Rita, Sinthia (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of ANISA NPM. A1L018003 - Anisa anisa.pdf] Text
ANISA NPM. A1L018003 - Anisa anisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik behavior contract untuk meningkatkan kedisiplinan
siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Menggunakan rancangan one group pretest-
posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 yang berjumlah 31
siswa. Sampel penelitian berjumlah 6 siswa yang memiliki tingkat kedisiplinan
rendah. Pengambilan sampel menggunakan model purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data
menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukan adanya
peningkatan kedisiplinan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan
teknik behavior contract. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai t = -6,201 (p<
0,05). Artinya terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik
behavior contract terhadap kedisiplinan siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kota
Bengkulu.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Konseling Kelompok, Behavior Contract.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:48
Last Modified: 07 Aug 2024 07:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19632

Actions (login required)

View Item
View Item