Alvina, Janna and Nurul, Astuty Yensy and Ringki, Agustinsa (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KOMIK PADA MATERI STATISTIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI JANNA ALVINA_A1C018015_5 MB - Janna Alvina.pdf [thumbnail of SKRIPSI JANNA ALVINA_A1C018015_5 MB - Janna Alvina.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI JANNA ALVINA_A1C018015_5 MB - Janna Alvina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan
ajar berupa e-modul berbasis komik pada materi statistika
yang telah diukur tingkat kevalidan, kepraktisan dan
keefektifannya, sehingga dapat membantu guru maupun
peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dengan menggunakan metode 4D (Define, Design,
Development, dan Dessiminate). Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes
hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini ialah kelas VIII-3 dan kelas VIII-9
SMP Negeri 1 Kota Bengkulu, kelas VIII-3 diuji untuk mengetahui tingkat
kepraktisan bahan ajar e-modul berbasis komik pada 30 peserta didik, sedangkan
tes hasil belajar dilakukan kepada kelas VIII-9 yaitu berupa soal berganda sebanyak
15 soal yang telah berkategori valid berdasarkan pendapat validator. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) e-modul berbasis komik pada materi statistika
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid
dengan uraian skor yaitu : validasi konstruk 98,91% ; validasi bahasa 75% ; validasi
media 90,90% serta validasi materi 83,82%, 2) E-modul berbasis komik pada
materi statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang
memenuhi kriteria praktis dengan skor 83,95%. 3) e-modul berbasis komik pada
materi statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang
memenuhi kriteria efektif dengan uraian skor yaitu : aktivitas peserta didik 94,44%
yang berkategori sangat efektif, respon peserta didik 82,08% yang berkategori
efektif, serta hasil belajar peserta didik >75, sehingga berkategori efektif.
Kata Kunci : Pengembangan, E--modul, komik, bahan ajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19950 |