PENGARUH FIRM-CREATED SOCIAL MEDIA DAN CELEBRITY ENDORSMENT DI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BENGKULU

Hadiktiara, Anike and Seprianti, Eka Putri and Rina, Suthia Hayu (2021) PENGARUH FIRM-CREATED SOCIAL MEDIA DAN CELEBRITY ENDORSMENT DI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANIKE HADIKTIARA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin meningkat. Berbagai teknologi
baru diciptakan, termasuk teknologi telekomunikasi. Smartphone telah muncul di
pasar dan saat ini merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat segmen dalam
industri telekomunikasi (Cecere, Corrocher dan Battaglia, 2015: 1). Di Indonesia
smartphone menjadi kebutuhan primer khususnya di perkotaan ( Hutasoit, 2017).
Cheah, (2017) menyatakan bahwa sekarang orang Indonesia sedang membuat
smartphone sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Seiring dengan
semakin berkembangnya Sistem Operasi Android, Samsung telah benar-benar
mendominasi pasar ponsel saat ini. Samsung merupakan salah satu perusahaan
yang terbesar didunia. Dengan kualitas produk yang sangat terpercaya sebagai
produk paling diminati masyarakat dari segi kualiatas produk, desain produk,
harga hingga citra mereknya sehingga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.
Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu Firm-created social
media, Celebrities-created social media, brand awareness dan purchase intention.
Firm-created social media didefinisikan adalah platform media sosial seperti
Instagram menawarkan kesempatan bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan
orang lain/konsumen (Schivinski dan Dabrowski, 2013). Celebrities-created
Social Media adalah adalah para pengiklan dan biro-biro periklanan bersedia
membayar harga yang tinggi kepada kaum selebriti tersebut yang disukai dan
dihormati oleh khalayak yang menjadi sasaran dan yang diharapkan akan
mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang baik terhadap produk yang
didukung menurut Shimp (2010). Brand Awareness merupakan kemampuan dari
konsumen potensial untuk mengenali atau mengingat bahwa suatu merek
termasuk ke dalam kategori suatu produk (Keller 2005). Purchase Intention
didefinisikan sebagai suatu komitmen ataupun probabilitas yang dimiliki oleh
konsumen untuk membeli ataupun menggunakan suatu produk atau jasa yang
diproduksi, dihasilkan ataupun dijual oleh suatu perusahaan Wilson dan Keni
(2018).Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Menguji pengaruh firm-created
social media terhadap purchase intention (2) Menguji pengaruh celebrities�created social media terhadap purchase intention (3) Menguji pengaruh firm�created social media terhadap brand awareness (4) Menguji pengaruh celebrities�created social media terhadap brand awareness (5) Menguji pengaruh brand
awareness terhadap purchase intention.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode
pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online.
Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang mengetahui tentang produk
Samsung dan yang pernah niat membeli produk Samsung.. Sedangkan sampel
dalam penelitian ini diambil dengan metode Purposive sampling. Jumlah sampel
dalam penelitian ini adalah 154 responden. Analisis dalam penelitian ini
menggunakan SEM-PLS versi 3.2.8

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:44
Last Modified: 14 Aug 2024 08:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19999

Actions (login required)

View Item
View Item