PEMBELAJARAN FISIKA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL (CAI) PADA KONSEP GERAK PARABOLA DI SMAN I KOTA BENGKULU 2005/2006

Aminingsih, Siti and Rohadi, Nyoman and Bahrum, Zul (2006) PEMBELAJARAN FISIKA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL (CAI) PADA KONSEP GERAK PARABOLA DI SMAN I KOTA BENGKULU 2005/2006. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of I,II,III-SIT-FKIP.pdf] Text
I,II,III-SIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[thumbnail of IV,V-SIT-FKIP.pdf] Text
IV,V-SIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan
untuk menyusun pembelajaran fisika model computer assisted-instructional (CAI)
dengan menggunakan program turbo pascal, dan mengetahui efektifitasnya dalam
proses pembelajaran pada konsep gerak parabola. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas 2IPA 2 SMAN 1 Bengkulu yang berrjumlah 37 siswa. Data yang diambil berupa
data tes tiap siklus dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Teknik analisa data
diolah berdasarkan perhitungan nilai rata-rata tes, daya serap, dan ketuntasan belajar
berdasarkan acuan Depdiknas. Sebelum dilakukan tindakan kelas siswa diberikan tes
awal untuk mengetauhi kemampuan siswa menggunakan komputer dan untuk
mengelompokan siswa dalam proses pembelajaran. Pada akhir siklus siswa diberikan
tes per siklus. Masing-masing tes dilakukan uji validitas dengan content validity
(validitas isi). Berdasarkan analisa data dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata untuk
siklus I 7,30 dengan daya serap secara klasikal 72,97%, dan ketuntasan belajar
75,68%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 7,84 dengan daya serap secara
klasikal 78,38% dan ketuntasan belajar 78,38%, sedangkan untuk siklus III nilai
diperoleh rata-rata 8,07 dengan daya serap secara klasikal 80,74%, dan ketuntasan
belajar 91,89% dan pembelajaran dapat dikatakan tuntas. Dengan demikian
pembelajaran fisika model Computer Assisted Intructional (CAI) pada konsep gerak
parabola dapat meningkatkan hasil belajar pada setiap siklusnya. Besarnya
peningkatan daya serap tersebut adalah 5,41% untuk siklus II dan 2,36% untuk siklus
III.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 08:51
Last Modified: 29 Nov 2013 08:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item
View Item