Khasana, Fitriani and Susanta, Agus and Idris, Irsal (2006) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE THINK – PAIR – SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II b SMP N 11 BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-FIT-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-FIT-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-FIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (696kB)
![IV,V-FIT-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-FIT-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-FIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (696kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan
aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika yang menerapkan pembelajaran
kooperatif melalui metode Think-Pair-Share (TPS).(2) Untuk mengetahui bagaimana
respon siswa yang pembelajarannya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif melalui
metode Think-Pair-Share (TPS. (3) Untuk mengetahui apakah dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif melalui metode Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan
belajar matematika siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIB SMP Negeri 11 Kota Bengkulu
yang berjumlah 38 orang, terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa
perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan kelas meliputi : Rencana
Tindakan Pelaksanaan Tindakan Observasi Refleksi Rencana
Tindakan selanjutnya. Siklus akan dihentikan jika nilai rata-rata siswa naik ≥ 0,5 tiap
siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes , angket dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa (1)
Cara untuk meningkatkan aktifitas siswa adalah sebagai berikut : (a) Siswa
dikelompokkan secara berpasangan dengan berdasarkan kemampuan akademik yang
heterogen dan jenis kelamin. (b) siswa diminta mengerjakan LKS (lampiran 7,14,dan
19). (c) Siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah dengan caranya
sendiri. (d) Siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah dengan teman
sebangkunya. (e) Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya ke depan kelas.
(2) Penerapan pembelajaran kooperatif metode Think-Pair-Share (TPS) pada pokok
bahasan teorema Pythagoras dapat diikuti dan diterima dengan baik oleh siswa. Hal ini
ditunjukkan dari 38 siswa (100%) memberikan respon positif terhadap pembelajaran
yang dilakukan. (3) Penerapan pembelajaran kooperatif metode Think-Pair-Share (TPS)
pada pokok bahasan teorema Pythagoras dapat meningkat prestasi belajar siswa. Pada
setiap siklus siswa mengalami peningkatan dalam mengerjakan soal-soal tes akhir. Siswa
dapat memahami soal dan tepat dalam melakukan perhitungan. Berdasarkan penilaian
yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai tes akhir siswa pada siklus I, II, dan III yaitu
berturut-turut 6,64, 7,23 dan 7,90. Hal ini terlihat bahwa nilai rata-rata siswa pada setiap
siklus mengalami peningkatan sebesar 0, 59 dan 0,67.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 11:33 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 11:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2442 |