ANALISIS ISI BUKU AJAR MATEMATIKA SMP KELAS VIII SEMESTER 1 YANG DISUSUN BERDASARKAN KURIKULUM 2004

Ningsih, Setiar and Fachruddin, M. and susanta, Agus (2006) ANALISIS ISI BUKU AJAR MATEMATIKA SMP KELAS VIII SEMESTER 1 YANG DISUSUN BERDASARKAN KURIKULUM 2004. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of I,II,III-SET-FKIP.pdf] Text
I,II,III-SET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (596kB)
[thumbnail of IV,V-SET-FKIP.pdf] Text
IV,V-SET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (596kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penyajian materi buku ajar
matematika SMP kelas VIII semester 1 relevan dengan kurikulum
2004, (2) Untuk mengetahui apakah urutan penyajian materi pada buku
ajar matematika SMP kelas VIII semester 1 sudah sesuai dengan teori
elaborasi, (3) Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan materi baik dari
segi konsep, perkembangan intelektual siswa maupun kesalahan ketik
yang ada pada buku ajar matematika SMP kelas VIII semester 1, (4)
Untuk mengetahui bentuk soal open - problem yang disajikan pada buku
SMP kelas VIII semester 1 yang disusun berdasarkan kurikulum 2004.
Penelitian ini termasuk analisis dokumen atau isi (Arikunto, 1998).
Analisa penelitian ini dalam rangka menganalisis buku ajar matematika
SMP kelas VIII semester 1. Dalam hal ini peneliti sebagai perencana,
pelaksana, pengumpul data, penganalisa data, penafsir data, dan pelapor
hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh
kesimpulan bahwa Urutan penyajian materi yang ada pada buku ajar
matematika SMP kelas VIII semester 1 terbitan Erlangga telah relevan
dengan kurikulum. Semua poin indikator standar kompetensi dan
kompetensi dasar terpenuhi . Jadi poin indikator untuk mendukung
tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah
dipenuhi sekitar 100 %. Ditinjau dari pengembangan materi berdasarkan
prinsip-prinsip CTl, maka diperoleh buku Erlangga telah memenuhi
kriteria sekitar 25 %. Ini menunjukan buku belum mempertimbangkan
prinsip CTL dalam menyajikan materi. Materi yang dianalisis pada buku
yang diteliti terdiri dari 5 bab pokok bahasan yaitu Faktorisasi suku
aljabar, Fungsi, Persamaan Garis lurus, Sistem persamaan linier dengan
dua variabel dan Dalil pythagoras.Urutan penyajian materi pada buku
yang diteliti mengikuti teori elaborasi. Hubungan antar bab (4 bab
pertama) saling berkaitan demikian juga hubungan sub bab dengan bab
pokok bahasan setiap bab. Sesuai dengan teori elaborasi materi prasyarat
harus disajikan terlebih dahulu sebelum mempelajari materi tertentu.
Dari buku yang diteliti, diperoleh 2 materi yang tidak ada materi
prasyaratnya. Materi tersebut merupakan contoh soal dan materi
prasyaratnya ada pada halaman berikutnya. Pada buku yang diteliti
ditemukan kesalahan-kesalahan dari segi materi yang tidak sesuai
dengan perkembangan intelektual siswa dan kesalahan pengetikan.
Sedangkan kesalahan konsep tidak ditemukan. Kesalahan-kesalahan ini

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 11:43
Last Modified: 29 Nov 2013 11:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item
View Item