IMPROVING THE STUDENTS ENGLISH READING COMPREHENSION ABILITY BY USING RECIPROCAL TEACHING TECHNIQUE

Emiana, Emiana and Rudi , Afriazi and Imranuddin, Imranuddin (2009) IMPROVING THE STUDENTS ENGLISH READING COMPREHENSION ABILITY BY USING RECIPROCAL TEACHING TECHNIQUE. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Emiana.pdf] Text
Emiana.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (620kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki penggunaan Reciprocal
Teaching Technique untuk memperbaiki kemampuan siswa dalam pemahaman
bacaan teks Bahasa Inggris pada siswa tahun pertama SMAN 2 Kota Bengkulu tahun
ajaran 2008 / 2009. Ada empat strategi yang digunakan dalam Reciprocal Teaching
Technique yaitu; clarifying, questioning, summarizing, and predicting. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Kota Bengkulu yang terdiri dari
247 siswa dan sampelnya adalah kelas Xd yang terdiri dari 35 orang siswa. Penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini diambil dengan
menggunakan tes dan instrument yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tahun pertama SMAN 2 Kota Bengkulu
khususnya kelas reguler belum memiliki kemampuan yang baik dalam pemahaman
bacaan teks Bahasa Inggris sebelum pelatihan diberikan (59.71/Low). Hasil
penelitian juga membuktikan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman bacaan
teks meningkat setelah diberikan pelatihan – pelatihan (73.86%/Moderate). Kondisi
proses belajar mengajar pun menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif, kritis,
dan kreatif dalam belajar Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 14:25
Last Modified: 29 Nov 2013 14:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item
View Item