Hasanuddin, Fitri and Diah , Aryulina and Riyanto, Riyanto (2009) PENGEMBANGAN PROTOTIPE LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERPOLA INKUIRI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE KARYA WISATA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![FITRI HASANUDDIN-2.pdf [thumbnail of FITRI HASANUDDIN-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FITRI HASANUDDIN-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan prototipe LKS berpola inkuiri
pada pembelajaran biologi dengan metode karya wisata. Prosedur penelitian
menggunakan sebagian tahap dari penelitian pengembangan yaitu: 1) tahap penelitian
dan pengumpulan data, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan produk
awal/draf produk, 4) tahap validasi produk. Subjek penelitian pada tahap penelitian
dan pengumpulan data yaitu 2 orang guru biologi SMA, dan untuk tahap validasi
berjumlah 10 orang guru biologi SMA Kota Bengkulu. Istrumen untuk tahap
pengumpulan data yaitu pedoman wawancara. Instrumen validasi LKS adalah angket
tertutup berbentuk skala penilaian terdiri dari lima kategori yaitu sangat kurang,
kurang, cukup, baik dan sangat baik serta angket terbuka untuk penilaian setiap
aspek. Lokasi objek wisata yang paling sering dikunjungi terkait dengan
pembelajaran biologi adalah objek wisata pantai. Objek yang dapat dijadikan sumber
belajar di lokasi tersebut khususnya Pantai Teluk Sepang adalah komponen biotik dan
abiotik. Telah dikembangkan sembilan LKS berpola inkuiri dengan metode karya
wisata dengan judul LKS Ganggang, Kelas Monokotil, Kelas Dikotil, Filum
Coelenterata, Filum Molusca, Crustacea, Filum Echinodermata, Komponen Biotik
dan Abiotik, dan Populasi. LKS yang dikembangkan terdiri atas berapa bagian yaitu
judul LKS, kompetensi yang akan dicapai, gambar, indikator atau tujuan yang akan
dicapai, informasi pendukung, tugas-tugas dan langkah kerja, analisis kegiatan dan
kesimpulan. Hasil validasi LKS dengan menggunakan angket menunjukkan bahwa
LKS secara keseluruhan dinilai sangat baik oleh 90% guru.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 15:35 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 15:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2506 |