UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN INTERPERSONAL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL

Zulpahran, Zulpahran and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN INTERPERSONAL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of skripsi zulpahran-2.pdf] Text
skripsi zulpahran-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom
action research).tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
penerapan pendekatan interpersonal dengan metode diskusi kelompok
kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas Xb SMA
Negeri 9 Kota Bengkulu pada pokok bahasan tata nama senyawa serta
persamaan reaksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II,
dan siklus III. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi
dan tes. Data tes dianalisis dengan teknik analisa data yang
menggunakan rumus dari rata-rata nilai, ketuntasan belajar secara
klasikal, daya serap klasikal. Sedangkan data observasi terdiri dari
observasi aktivitas guru dan data observasi aktivitas siswa yang dianalisis
dengan menggunakan rumus rata-rata skor dan interval skor.berdasarkan
analisa pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan
interpersonal dengan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes
siswa, pada siklus I rata-rata nilai 57,75 (daya serap 57,75 %) dan
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 27,5 %. Pada siklus II nilai
rata-rata yang diperoleh adalah 74,75 (daya serap 74,75 %) dan
ketuntasan belajar secara klasikal adalah 82,5 %. Nilai rata-rata pada
siklus III yaitu 78,75 (daya serap 78,75 %) dan ketuntasan belajar secara
klasikal sebesar 95 %. Pada aktivitas guru diperoleh data yaitu siklus I
denga skor rata-rata 20,5 (cukup), siklus II dengan skor 30 (cukup), siklus
III dengan skor 34 (baik).

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 08:23
Last Modified: 30 Nov 2013 08:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item
View Item