UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 3 KOTA BENGKULU DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE CPDT (Ceramah Plus Diskusi dan Tugas)

Putra, Mardiansyah and Amrul, Bahar and Sumpono, Sumpono (2009) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 3 KOTA BENGKULU DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE CPDT (Ceramah Plus Diskusi dan Tugas). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Mardiansyah Putra Ok-2.pdf] Text
Mardiansyah Putra Ok-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia
siswa kelas XI IPA 1 SMA N 3 Kota Bengkulu setelah menerapkan model
pembelajaran interaktif dengan metode CPDT pada pokok bahasan
termokimia. Peneletian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian seluruh siswa
kelas XI IPA 1 SMA N 3 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari 4
tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan
(4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar
observasi siswa dan guru serta test. Lembar observasi digunakan untuk
mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan guru di kelas ketika proses
belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran interaktif
dengan metode CPDT berlangsung. Tes digunakan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil dan
pembahasan, diketahui bahwa penerapan model pembelajaran interaktif
dengan metode CPDT pada pokok bahasan termokimia dapat
meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa. Hal ini dapat
terlihat aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I
aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata skor 24,5 dengan kriteria baik,
siklus II adalah 26 pada kriteria baik dan pada siklus III adalah 28 berada
pada kriteria baik. Untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan
dari siklus I hingga siklus III yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa dari
67,56 pada siklus I; 72,38 pada siklus II; dan 80,91 pada siklus III. Daya
serap siswa secara klasikal adalah 67,56 % pada siklus I; 72,38 % pada
siklus II; dan 80,91 % pada siklus III. Ketuntasan belajar secara klasikal
dari 77,50% pada siklus I; 82,50 % pada siklus II; dan 94,44 % pada siklus
III.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 08:59
Last Modified: 30 Nov 2013 08:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item
View Item