PERAN BAGIAN PEMASARAN SEBAGAI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF HOTEL

Rivanti, Rina and Dedy, Supriadi and Gushevinalti, Gushevinalti (2009) PERAN BAGIAN PEMASARAN SEBAGAI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF HOTEL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of PDF Final-2.pdf] Text
PDF Final-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Hotel Raffles City Bengkulu yang diresmikan pada bulan Mei 2007 dengan
status bintang dua adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan,
yang dianggap mampu bertahan pada masa krisis ekonomi yang berkepanjangan dan
ketidakstabilan kehidupan politik dibandingkan dengan hotel lain yang ada di Bengkulu.
Untuk mengantisipasi terjadinya perubahan baik didalam maupun diluar lingkungan
perusahaan, Public Relatons harus bekerjasama dengan berbagai pihak sehingga
perusahaan tidak mengalami “krisis kepercayaan” dari publik yang akan membawa
dampak negatif terhadap citra perusahaan. Keberadaan Public Relations untuk
membentuk citra positif perusahaan sangatlah penting, hal ini mengharuskan Public
Relations mampu menguasai segala persoalan organisasi baik internal maupun eksternal.
Sehubungan dengan ini penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul
“ Peran Bagian Pemasaran sebagai Public Relations Dalam Membentuk Citra
Positif Hotel (Studi Deskriptif pada Hotel Raffles City Bengkulu)”.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran bagian Pemasaran sebagai Public
Relations Hotel Raffles City Bengkulu dalam membentuk citra positif hotel. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang datanya berupa kutipan-kutipan,
Data diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan langsung. Adapun jumlah
responden dalam penelitian ini adalah 11 orang, yang terdiri dari 5 orang publik internal,
5 orang publik eksternal dan 1 orang staf Marketing Public Relations. Dari hasil
penelitian, diketahui bahwa dalam struktur organisasi Hotel Raffles City Bengkulu,
Public Relations digabung dengan departemen pemasaran sehingga kegiatan Public
Relations lebih condong dibawa kearah pemasaran. Kemudian diperoleh data bahwa
sebanyak 72,73% (8 orang) responden menyatakan Public Relations di Hotel Raffles
City Bengkulu memang mempunyai peran dalam menyampaikan informasi, walaupun
Public Relations mempunyai keterbatasan kewenangan yang luas karena digabung
dengan departemen pemasaran. Selain itu diperoleh juga data dari penelitian yakni
sebanyak 81,82% (9 orang) responden menyatakan bahwa Public Relations di Hotel
Raffles City Bengkulu mempunyai peran dalam pembentukan citra positif hotel melalui
program-program kerja dan upaya yang sejalan dengan kegiatan pemasaran.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 18:32
Last Modified: 30 Nov 2013 18:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item
View Item