Irawan, Nedi and Saleh, Haji and Rusdi, Rusdi (2009) Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Kelas Unggul Di SMP Negeri 1 Curup. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI NEDI IRAWAN.pdf [thumbnail of SKRIPSI NEDI IRAWAN.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NEDI IRAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika
pada kelas VII dan VIII Unggul di SMP Negeri 1 Curup. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah guru yang mengajar matematika dan
siswa di kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Curup tahun ajaran 2008/2009. Teknik
pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan diakhiri
dengan menarik kesimpulan. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: dalam
perencanaan pembelajaran guru menyusun penyusunan perangkat pembelajaran,
menyiapkan strategi, materi pelajaran yang hendak dibahas, dan mempersiapkan
media mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran, strategi guru dalam pembelajaran
matematika pada kelas VII Unggul yaitu: (a) guru menjelaskan materi prasyarat yang
bekaitan dengan bab yang akan diajarkan, (b) memberikan contoh-contoh soal dan
latihan yang berkaitan dengan materi prasyarat, (c) menguji kemampuan siswa pada
materi prasyarat, (d) dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan metode
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang akan disampaikan untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Guru sering menggunakan metode ceramah, tanya
jawab atau diskusi, pemberian latihan, dan pemberian pekerjaan rumah, guru juga
biasa mengaitkan antara materi yang sedang diajarkan dengan situasi dunia nyata
yang relevan, (e) untuk memantapkan penguasaan materi, siswa diberikan latihan-
latihan soal yang cukup dan bervariasi serta pengulangan-pengulangan untuk materi-
materi sebelumnya, (f) guru melakukan pendekatan yang bersifat individual kepada
siswa yang bertanya tentang masalah yang siswa hadapi sesuai dengan kemampuan
siswa untuk memahami suatu materi. Strategi guru dalam pembelajaran matematika
pada kelas VIII Unggul yaitu: (a) hampir sama dengan kelas VII unggul, metode
pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, (b)
di awal suatu bab guru memberikan materi prasyarat, dan tes prasyarat, (c) ketika
menjelaskan kembali tentang materi yang siswa tanyakan guru sering menjelaskan di
depan kelas sehingga semua siswa dapat mendengarkan, terkadang guru menjelaskan
dengan cara menghampiri siswa yang bertanya, (d) guru memberikan latihan-latihan
soal untuk memantapkan penguasaan siswa terhadap materi, (e) tiap ada kesempatan
setiap akhir pelajaran guru memberikan pekerjaan rumah, (f) ketika ada siswa yang
bermasalah atau tidak mengikuti pelajaran dengan baik, maka guru menegur dengan
tegas agar memperhatikan guru yang sedang menjelaskan. Dalam kaitannya dengan
remedial, guru membimbing siswa dengan memperhatikan perbedaan individual,
guru mendatangi siswa yang kesulitan untuk memberi bimbingan kepada siswa
tersebut. Adapun dalam kegiatan pengayaan, guru biasa memberikan latihan soal
tambahan kepada siswa yang dianggap pandai.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 19:58 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 19:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2591 |