Fuspita Sari, Elda and Suardi, Jasma and Sofino, Sofino (2009) HANDPHONE (HP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL (Studi Pembelajaran Buta Aksara Di Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Elda Fuspita Sari-2.pdf [thumbnail of Skripsi Elda Fuspita Sari-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Elda Fuspita Sari-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam penggunaan
Handphone (HP) sebagai media pembelajaran Keaksaraan Fungsional dan
keefektifan media Handphone di dalam pembelajaran keaksaaraan fungsional.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Secara deskriptif, peneliti
akan mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana desain penggunaan media
handphone di dalam pembelajaran buta aksara dasar, yang nantinya akan
menemukan hipotesis, dan untuk mengetahui makna yang lebih dalam terhadap
kebermanfaatan penggunaan media handphone dalam pembelajaran buta aksara
dasar bagi warga belajar melalui pendekatan kualitatif. Yaitu, melalui praktek
kerja lapangan (PKL), di sini peneliti terlibat langsung dalam penelitian, dengan
ini diharapkan peneliti tahu persis apa yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian
atau sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan secara Purposive,
yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Subjek penelitian ini
adalah tutor pemberantasan buta aksara dan masyarakat yang berumur 15-44
tahun, menikah atau belum menikah, bekerja atau tidak bekerja, wanita dan laki-
laki, dan menyandang buta aksara dasar, berjumlah 12 orang yang terdapat di
Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi
Bengkulu. Untuk mengetahui validitas penelitian dilakukan dengan cara uji
credibility (kredibilitas), uji transferability (keteralihan), uji dependability
(auditability), dan uji confirmability (dapat dikonfirmasi). Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dalam berbagai setting, sumber, dan berbagai cara.
Setelah data terkumpul, dilakukan interpretasi data dan analisis secara
kontekstual. Kemudian didapatlah hasil penelitian bahwa handphone merupakan
media yang efektif dalam pembelajaran buta aksara.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 20:43 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 20:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2600 |