Anida, Putri and Fransisca, Connie and Sakti, Indra (2007) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA PEMBANGUNAN BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-PUT-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-PUT-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-PUT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (186kB)
![IV,V-PUT-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-PUT-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-PUT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (363kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran dengan metode resitasi, hasil belajar, dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap hasil belajar fisika di SMA Pembangunan Bengkulu. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes awal pada 35 orang siswa yang belum memperoleh pengetahuan tentang konsep optik geometri dan tes akhir pada siswa yang telah mengikuti pembelajaran dengan metode resitasi berupa menyusun pertanyaan dan langsung menjawabnya. Instrument penelitian berupa 8 butir tes yang berbentuk essay untuk ketiga sub konsep yaitu pemantulan cahaya, pemantulan cahaya pada cermin datar dan cermin cekung serta pemantulan cahaya pada cermin cembung. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pembelajaran guru dari pertemuan I, II, dan III berada pada kategori baik. Sedangkan pada aktivitas siswa dari pertemuan I, II dan III juga pada kategori baik. sedangkan hasil maksimal tes awal siswa adalah 64,14. Terdapat perubahan hasil belajar siswa pada tes akhir adalah 79,28. hasil analisis data menggunakan teknik regresi dan korelasi sederhana terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi dengan koefisien 0,450. besarnya pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA Pembangunan Bengkulu adalah 20,34 %.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 22:10 |
Last Modified: | 03 Dec 2013 22:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2957 |