Matondang, Aliya and Asep , Topan and Purwaka, Purwaka (2007) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DALAM PROSES INTERAKSI SOSIAL YANG DIALAMI NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![IV,V-ALI-FISIP.pdf [thumbnail of IV,V-ALI-FISIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-ALI-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
![I,II,III-ALI-FISIP.pdf [thumbnail of I,II,III-ALI-FISIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-ALI-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian bertujuan mengidentifikasikan permasalahan dalam proses interaksi sosial
narapidana anak. Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif
kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Informan penelitian
ini adalah narapidana anak, narapidana dewasa, orang tua narapidana anak, tahanan
pendamping, dan petugas Lembaga Pemasyarakatan. Narapidana anak adalah
narapidana yang usianya belum mencapai 17 tahun dan belum menikah. Penentuan
informan dilakukan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Penelitian
dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Bengkulu. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa : proses interaksi yang terjalin sesama narapidana anak di
latar belakangi oleh perasaan senasib, dengan narapidana dewasa dilandasi rasa saling
curiga atau kewaspadaan. Persaingan dalam kehidupan narapidana anak di Lembaga
Pemasyarakatan tidak pernah terjadi sama sekali. Konflik sesama narapidana anak
jarang terjadi, antara narapidana anak dengan narapidana dewasa sering terjadi
konflik terbuka berupa adu argumen hingga adu fisik. Kerjasama sesama narapidana
anak terjalin sangat erat dan mengarah pada upaya untuk belajar bersama dan
memperbaiki diri dengan memanfaatkan segala fasilitas yang disediakan oleh
Lembaga Pemasyarakatan, kerjasama narapidana anak dengan narapidana dewasa
berkaitan dengan proses pembelajaran mengenai program pembinaan. Dalam setiap
proses interaksi sosial yang dijalani oleh narapidana anak memiliki kemudahan yang
membantunya dalam interaksi sosial dan terdapat juga kesulitan yang
menghalanginya untuk beradaptasi, bersosialisasi dan melakukan interaksi sosial.
Narapidana anak selalu berusaha agar dapat menyatu dalam lingkungan Lembaga
Pemasyarakatan dengan cara menghindarkan peluang terjadinya konflik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology |
Depositing User: | 015 Heppy Rosita Damanik |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 16:03 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 16:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3471 |