Negoro, Sugeng Prasetyo and Hasan, Pribadi and Muh, Marwan Arwani (2007) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PENDIDIKAN (Studi di Dusun IV Suka Mulya Kecamatan Girimulya Kabupaten Bengkulu Utara). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![I,II,III-SUG-FISIP.pdf [thumbnail of I,II,III-SUG-FISIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-SUG-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
![IV,V-SUG-FISIP.pdf [thumbnail of IV,V-SUG-FISIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-SUG-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “bagaimana dukungan masyarakat terhadap
pelaksanaan pendidikan dasar di daerah terpencil ?”, sehingga keberlangsungan proses
pendidikan tetap berjalan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan
pencarian data diperoleh dengan teknik wawancara mendalam, FGD, dokumentasi yang
berhubungan dengan penelitian dan observasi langsung kelapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Dusun IV Suka Mulya semuanya
mendukung dengan adanya program pendidikan yang sedang dilaksanakan di wilayah
tersebut. Adapun bentuk dukungan masyarakat yang berupa material adalah iuran wajib
sekolah, bahan bangunan sekolah seperti, papan, kasau dan seng sebagai penambahan
ruangan/kelas. Sedangkan yang berbentuk nonmaterial adalah ikut berpartisipasi
menghadiri rapat dan memberikan motivasi guru dalam menjalankan proses
pendidikan.
Akan tetapi, dukungan yang berupa pemikiran maupun saran tidak banyak dilakukan
secara langsung dalam artian bahwa tidak ada rasa keterbukaan antara masyarakat
dengan pihak sekolah. Melainkan yang terjadi pada masyarakat adalah keengganan
untuk memberikan masukan–masukan kepada pihak sekolah dan membahasnya secara
bersama-sama. Karena mereka menganggap bahwa yang bisa dan yang tahu mengenai
sekolah ini hanyalah dewan guru yang mengurusi sekolah ini. Dengan kata lain bahwa
posisi pihak sekolah di sini lebih mendominasi. Ini berarti bahwa kurang komunikasi
yang aktif antara masyarakat dengan pihak sekolah dalam memecahkan masalah-masalah yang ada. Maka pada gilirannya dikhawatirkan perubahan yang positif di
sekolah ini akan jarang terjadi atau hanya jalan di tempat (stagnasi).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology |
Depositing User: | 015 Heppy Rosita Damanik |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 16:39 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 16:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3477 |