Pengaruh Pembelajaran Fisika dengan Metode Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 3 Seluma (2009)

Sumiarti, Yeti and Indra, Sakti and Desy, Hanisa Putri (2009) Pengaruh Pembelajaran Fisika dengan Metode Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 3 Seluma (2009). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of PDF YETI SUMIARTI A1E005024.pdf] Text
PDF YETI SUMIARTI A1E005024.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran fisika dengan metode Quantum Learning terhadap hasil belajar
fisika di SMA Negeri 3 Seluma. Penelitian ini merupakan penelitian pre-
eksperimen dalam rancangan one group pretest – postest design dengan populasi
siswa kelas X SMA Negeri 3 Seluma. Sampel penelitian diambil secara acak
sehingga terpilih kelas X A yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian berupa
10 butir tes yang berbentuk pilihan ganda untuk ketiga konsep yaitu suhu dan
pemuaian, kalor dan perubahan wujud dan perpindahan kalor. Data hasil
penelitian dengan ANAVA untuk signifikansi dan linieritas sederhana serta
analisis korelasi sederhana, sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan
homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terdapat pengaruh pembelajaran
fisika dengan metode Quantum Learning terhadap hasil belajar fisika di SMA
Negeri 3 Seluma. Besar pengaruh pembelajaran fisika dengan metode Quantum
Learning terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 3 Seluma adalah 68,89 %.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 09:31
Last Modified: 06 Dec 2013 09:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item
View Item