Apriliawati, Elda and Zamzaili , Zamzaili and Wahyu, Widada (2009) Penerapan Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan Teknik Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 17 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ELDA APRILAWATI-2.pdf [thumbnail of ELDA APRILAWATI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ELDA APRILAWATI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas
siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Connected Mathematics Project
(CMP) dengan teknik Think-Pair-Share (TPS) di kelas VIIB SMP N 17 Kota Bengkulu. (2)
Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika melalui pendekatan Connected Mathematics Project (CMP) dengan teknik Think-
Pair-Share (TPS) di SMP N 17 Kota Bengkulu. (3) Untuk mengetahui bagaimana respon
siswa terhadap penerapan pembelajaran Connected Mathematics Project dengan teknik Think-
Pair-Share. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan
dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: Rencana Tindakan ⇒ Pelaksanaan Tindakan
⇒ Observasi ⇒ Releksi.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.B SMP Negeri 17 Kota Bengkulu
semester genap tahun ajaran 2008/2009, yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 20 orang siswa
laki-laki dan 16 orang siswa perempuan.
Adapun Instrumen Penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Lembar pengamatan
aktivitas siswa dan guru, 2) Lembar pengamatan aktivitas guru, 3) Tes hasil belajar, dan 4)
Angket respon siswa. Data hasil tes dianalisis nilai rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar
klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1) Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Connected Mathematics Project
(CMP) dengan teknik Think-Pair-Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat
dilakukan dengan cara sebagai berikut: a) Siswa dikelompokkan secara berpasangan
berdasarkan kemampuan akademik yang berbeda, b) Setiap kelompok diminta bekerja sama
untuk menyelesaikan beberapa masalah pada LKS (Explore dan Pairing). c) Guru mengawasi
dan membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah, serta memberikan motivasi kepada
siswa dengan menjajikan nilai tambahan bagi siswa yang aktif. d) Guru memanggil beberapa
kelompok secara acak untuk mempersentasikan hasil kerja kelompoknya mengenai
pemecahan masalah pada LKS (Share dan summarize). 2) Siswa memberikan respon sangat
baik terhadap pelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran Connected Mathematics
Project (CMP) dengan teknik tipe Think-Pair-Share (TPS). Hal ini terlihat dari hasil
perhitungan angket respon siswa, yang menyatakan 100% siswa memberikan respon positif
terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran Connected Mathematics
Project (CMP) dengan teknik Think-Pair-Share (TPS). 3) Penerapan pembelajaran Connected
Mathematics Project (CMP) dengan teknik Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata
hasil tes yang diperoleh siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 53,09 sedangkan pada
siklus II, 67,29 dan pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 68,54. Dengan ketuntasan
belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 61,76%; 83,33%, dan 97,22 %.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 23:49 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 23:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3776 |