PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS XI TP1 SMKN 2 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research)

Linesti, Ety and Elvinawati , Elvinawati and Kancono, Kancono (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS XI TP1 SMKN 2 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Ety Linesti (A1F008003)-2.pdf] Text
Ety Linesti (A1F008003)-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan
pembelajaran
kooperatif
tipe
Teams
Games
Tournament
(TGT)
dengan
Macromedia Flash dapat mempengaruhi peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas XI TPI SMK N 2 Kota Bengkulu pada pokok bahasan kesetimbangan
kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang terdiri dari tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi siswa
dan lembar observasi guru. Data diolah menggunakan teknik analisis kuantitatif
sederhana yaitu nilai total setiap siswa, nilai rata-rata, persentase daya serap,
ketuntasan belajar, dan rata-rata skor observasi. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Team Games Tournament dengan Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil
belajar kimia dan keaktifan siswa kelas XI TPI SMK N 2 Kota Bengkulu. Hal ini
dapat dilihat pada (1) nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 65,11, siklus II
70,38 dan siklus III 72,53 (2) daya serap siswa yaitu pada siklus 1 sebesar 65,11%
siklus II 70,38% dan siklus III 72,53% (3) ketuntasan belajar siswa pada siklus 1
sebesar 57,69% siklus II sebesar 76,92% dan pada siklus III sebesar 88,46% (4)
aktivitas siswa siklus 1 dengan skor rata-rata 20,5 (cukup) siklus II dengan skor
rata-rata 27 (baik) dan siklus III dengan skor rata-rata 29,5 (baik).

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 13 Dec 2013 11:12
Last Modified: 13 Dec 2013 11:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4193

Actions (login required)

View Item
View Item