Irawan,, Adi Fia and Endang , Widi Winarni and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) MELALUIMETODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVASD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Adi Fia Irawan,-2.pdf [thumbnail of Skripsi Adi Fia Irawan,-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Adi Fia Irawan,-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan
untukmeningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Jenis
penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas(Classroom Action
Reseacrh) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang
digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif
dan psikomotor serta lembar post tes. Data observasi dianalisis dengan
menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis
denganmenggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Dari
analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata observasi guru
sebesar 41,75 dengan kriteria baik, dan pada siklus II menjadi 46,5 dengan kriteria
baik danobservasi aktivitas siswa sebesar 41 dengan kriteria baik, pada siklus II
rata-rata skor observasi siswa menjadi 45,5 dengan kriteria baik. Kemudian pada
lembar penilaian afektif pada siklus I dikategorikan cukup dan lembar penilaian
psikomotor juga dikategorikan cukup dengan, selanjutnya di siklus II penilaian
afektif membaik dari kategori cukup menjadi baik danpenilaian psikomotor dari
kategori cukup menjadi baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada
siklus I sebesar54,83%dengan nilai rata-rata 70,97. Pada siklus II ketuntasan
belajar secara klasikal meningkat menjadi 82,76%dengan nilai rata-rata meningkat
menjadi 83,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan
kooperatif tipeThink Pair Share melalui metode eksperimen dapat meningkatkan
aktivitas pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran
IPA siswa khususnya siswa kelas IV A SD Negeri 03 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 11:32 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 11:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4196 |