KOMPOR MATAHARI SISTEM REFLEKTOR GANDA SERTA PENERAPANNYA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DI SMA

Zamanto Rahmat Dhani, Agung and Sarwanto, Sarwanto and Eko, Swistoro (2012) KOMPOR MATAHARI SISTEM REFLEKTOR GANDA SERTA PENERAPANNYA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DI SMA. Masters thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
THESIS AGUNG FINAL-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Guna mengurangi ketergantungan akan minyak, diperlukan cara ataupun alat yang dapat menggunakan energi yang lainnya, salah satunya yaitu cahaya matahari. Alat tersebut adalah kompor matahari yang menggunakan prinsip pemerangkapan panas yang bersumber dari cahaya matahari. Cara menggunaan kompor matahari untuk memasak dapat dilakukan dengan memposisikan sudut reflektor 1 sebesar 850 dan reflektor 2 sebesar 450 hal ini bertujuan agar cahaya matahari yang masuk ke dalam kompor dapat maksimal. Adapun spesifikasi dimensi kompor matahari yang digunakan adalah : Panjang 600 mm, lebar 400 mm, tinggi 300 mm. Warna wadah tempat air yang terbaik adalah warna hitam. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak air hingga mendidih rata-rata adalah 90 menit. Selanjutnya prinsip kerja alat tersebut diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Fisika guna memperbaiki hasil belajar fisika di SMAN 1 Pondok Kelapa dengan menggunakan model investigasi kelompok. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa Pada siklus I sebesar 22,1 dan 25,7 pada siklus II. Pada Hasil belajar kognitif, daya serap siswa siklus I sebesar 68,3%, siklus II sebesar 70,5%. Ketuntasan belajar siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 86,1% . Hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar 10, siklus II sebesar 13,1. Sedangkan hasil belajar psikomotorik pada siklus I sebesar 9,1 dan siklus II sebesar 13,08.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 13 Dec 2013 13:28
Last Modified: 13 Dec 2013 13:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item