PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT PINJAMAN MODAL USAHA ANTARA KREDITUR DAN DEBITUR MELALUI NEGOSIASI DI BANK RAKYAT INDONESIA CABANG ARGA MAKMUR

Julianto, Dodi and Ganefi, Ganefi and Edityawarmn, Edityawarmn (2012) PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT PINJAMAN MODAL USAHA ANTARA KREDITUR DAN DEBITUR MELALUI NEGOSIASI DI BANK RAKYAT INDONESIA CABANG ARGA MAKMUR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Hukum UNIB.

[thumbnail of DODI JULIANTO-2.pdf] Text
DODI JULIANTO-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (702kB)

Abstract

Bank merupakan badan yang menyalurkan dana kepada masyarakat, yang bertindak
sebagai badan pemberi kredit, karena pemberian kredit ini merupakan bidang usaha
potensial dalam mengaktifkan dana-dana yang tersedia kepada sektor-sektor yang
menunjang pembangunan nasional pada umumnya, dan peningkatan perekonomian
masyarakat pada khususnya. Bank dalam menyalurkan dananya dalam bentuk kredit
harus didasarkan kepada adanya suatu jaminan. Di dalam menyalurkan kredit
permodalan kepada masyarakat terjadi tentunya tidak semuanya berjalan lancar tentu
ada permasalahan yaitu kredit macet. Berdasarkan hal tersebut, maka penusli tertarik
untuk mengkaji mengenai proses pengajuan kredit dan penyelesaian kredit macet
melalui negosiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perjanjian kredit
dan penyelesaian sengketa kredit pinjaman modal usaha antara kreditur dan debitur
melalui negosiasi di Bank Rakyat Indonesia Cabang Arga Makmur. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sosiologis/empiris. Data yang
peroleh adalah data primer dan data sekunder, proses pengolahannya dengan data
editing dan coding, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif
yang dilakukan dengan pendekatan deduktif-induktif yang akhirnya menjawab
permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perjanjian
kredit pinjaman modal usaha di Bank Rakyat Indonesia Cabang Arga Makmur,
adalah surveyor kunjungan usaha dan penilaian jaminan, petugas bagian kredit dalam
hal ini account officer akan melakukan analisa dan checking, hal mana diperlukan
guna memperoleh informasi mengenai reputasi dan kualifikasi calon debitor,
hubungan dagang dengan supplier dan buyer dan biasanya checking dilakukan ke
supplier, buyer, dan competitor maupun pihak-pihak yang independent. Selain
checking kepada supplier, buyer, dan competitor, bagian kredit juga melakukan
checking kepada Bank Indonesia untuk mengetahui kondisi debitor apakah debitor
telah memiliki pinjaman di bank lain apa tidak, selain itu dapat dilihat dari kualitas
kredit dari calon debitor bersangkutan, apabilah kualitas debitor masuk pada
kualifikasi lancar bukan berarti permohonan fasilitas kredit yang diajukan dapat
disetujui apabilah sebaliknya maka pengajuannya akan ditolak. Penyelesaian kredit
bermasalah dalam perjanjian kredit pada lembaga perbankan dilakukan dengan
penyelesaian secara damai (negosiasi) bank dengan debitur yang masih mempunyai
itikad baik maupun kooperatif dalam upaya penyelesaian kredit bermasalah.
Kemudian penyelesaian selanjutnya dengan penagihan yang dilakukan dengan
mendatangi debitur secara langsung, dan debitur diminta melakukan pembayaran
dalam jumlah tertentu dari kewajibannya kepada bank dalam jangka waktu tertentu
yang dituangkan dalam Surat Kesepatakan Negosiasi tentang Pernyataan
Kesanggupan Debitur.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 15 Dec 2013 19:52
Last Modified: 15 Dec 2013 19:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4446

Actions (login required)

View Item
View Item