Susanti, Lia and Syukri , Hamzah and Amril, Canrhas (2012) IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN PUISI SISWA KELAS III SMPN 18 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI LIA SUSANTI (A1A108026).pdf [thumbnail of SKRIPSI LIA SUSANTI (A1A108026).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LIA SUSANTI (A1A108026).pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (964kB)
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana panduan
yang digunakan guru dalam penilaian pembelajaran puisi, apa saja problem yang
dialami guru dan apa yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan yang
dihadapi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan panduan yang digunakan ,
mendeskripsikan problem yang dihadapi dan apa yang dilakukan guru unruk
mengatasi problem tersebut dalam penilaian pembelajaran puisi. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5
orang guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas III SMPN 18 Kota Bengkulu
tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument
angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan menggunakan penjabaran . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
dari 20 pertanyaan angket kepada 5 orang guru diperoleh adanya 20 problem yang
dihadapi mulai dari problem dalam perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian,
sampai ketahap penilaian. Dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran puisi tidak
sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh kurikulum karena bukan hanya siswa
yang tidak menyukai puisi tetapi, gurunya sendiri kurang menyenangi
pembelajaran puisi itu sendiri, sehingga tidak dapat dilaksanakan sebagaimana
mestinya. Dalam hal evaluasi guru tidak menggunakan panduan penilaian dan
nilai yang diperoleh siswa tidak murni hanya berdasarkan pandangan guru saja
sehingga membuat siswa tidak menyukai pembelajaran puisi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 10:21 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 10:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4672 |