Erita, Nofita and Ria, Ariesta and Ngudining, Rahayu (2012) KAJIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (392kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa dalam
pembelajaran membaca pemahaman. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas XI di
MAN 1 Model Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi aktivitas siswa dan guru saat pembelajaran membaca pemahaman,
wawancara kepada siswa dan guru serta kuesioner kepada siswa tentang
pembelajaran membaca pemahaman. Data dianalisis dengan langkah-langkah
reduksi data, display data, penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa problematika pembelajaran membaca pemahaman yang
dialami siswa kelas XI MAN 1 Model Kota Bengkulu meliputi dua aspek, yaitu
aspek penghambat membaca siswa dan aspek pembelajaran di kelas. Aspek
penghambat membaca siswa yaitu siswa sulit berkonsentrasi saat pembelajaran
karena masih ada siswa yang ribut, sibuk dengan kegiatannya sendiri dan
mengganggu temannya belajar sehingga mengakibatkan konsentrasi siswa lain
menjadi terganggu dan tidak fokus terhadap pelajaran, kurangnya kebiasaan
membaca siswa baik di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah karena kurang
memiliki minat dan cenderung malas untuk membaca, kurangnya kemampuan
membaca siswa karena kurang membiasakan membaca sehingga pengetahuannya
kurang, waktu yang diberikan saat pembelajaran masih kurang, sedangkan aspek
pembelajaran di kelas yaitu siswa merasa metode atau cara yang digunakan guru
kurang menarik karena siswa menganggap guru tidak menggunakan metode yang
dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, selain itu siswa menganggap
media yang digunakan kurang menarik karena media membaca pemahaman
kurang tersedia sehingga guru lebih cenderung menggunakan buku paket yang
disediakan sekolah.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 10:38 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 10:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4680 |