Aresti, Zedri and Zamzaili , Zamzaili and Effie , Efrida Muchlis (2012) ANALISIS KESALAHAN KONSEP DAN KESALAHAN PROSEDUR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ZEDRI ARESTI A1C008015-2.pdf [thumbnail of ZEDRI ARESTI A1C008015-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ZEDRI ARESTI A1C008015-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui letak kesalahan konsep dan
kesalahan prosedur yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun
Datar Segi Empat kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 kota
Bengkulu. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif. Instrumen penelitian yaitu tes diagnostik essay dan wawancara.
Subjek penelitian di ambil siswa kelas VII-5 dan VII-bilingual Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 4 kota Bengkulu sebanyak 34 siswa kelas VII-5 dan 26
siswa kelas VII-bilingual. Letak kesalahan konsep yang dilakukan oleh siswa
kelas VII-bilingual SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dalam menyelesaikan soal- soal
pada materi bangun datar segiempat adalah kesalahan dalam menyebutkan sifat-
sifat, kesalahan dalam memberikan definisi, kesalahan dalam mengaitkan dua
konsep (prinsip), salah dalam memahami prinsip, dan salah menggunakan
rumus.Letak kesalahan prosedur yang dilakukan oleh siswa kelas VII-bilingual
SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dalam menyelesaikan soal- soal pada materi
bangun datar segiempat adalah salah menginterpretasi data, salah dalam
melakukan operasi, salah dalam menghitung, dan kurang teliti dalam megerjakan
soal. Untuk mengetahui secara akurat bentuk kesalahan yang dilakukan siswa
maka subjek wawancaranyanya dari siswa yang memiliki kesalahan terbanyak
dari jawaban sebanyak 5 siswa. Soal-soal yang dominan dijawab salah oleh
siswa adalah soal dengan aspek berpikir C3 dimana pada soal ini menggabungkan
konsep dan prosedur. Faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh
siswa dalam menyelesaikan soal- soal materi bangun datar segiempat adalah
sebagai berikut : siswa kurang memahami konsep bangun datar segiempat, siswa
kurang menguasai prinsip atau hubungan konsep antar bangun datar, siswa
kurang teliti dalam membaca soal sehingga menimbulkan interpretasi yang
berbeda, siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, rumus yang sering lupa atau
salah menggunakan rumus.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 12:27 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 12:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4727 |