Aprian, Rina and Nina, Kurniah and Sularsih, Anggarawati (2012) MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![RINA APRIANI.pdf [thumbnail of RINA APRIANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINA APRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan linguistik
verbal, khususnya dalam menyimak, berbicara, dan menulis pada anak usia dini
melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)
yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari lima kali
pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelompok B2 berjumlah 13 orang anak,
yaitu 5 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki di Taman Kanak-kanak
Negeri Pembina Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan
teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan
pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan
kecerdasan linguistik verbal dibuktikan dengan hasil menyimak, berbicara, dan
pada siklus I mencapai rata-rata 69%, kemudian pada siklus II meningkat
menjadi 85%. Selanjutnya disarankan kepada guru-guru dalam menggunakan
pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) akan lebih efektif apabila
guru memberikan penjelasan urutan kegiatan dengan bahasa yang mudah
dipahami anak, berbincang-bincang sebelum memulai kegiatan, serta
memberikan bimbingan bagi anak yang mengalami kesulitan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 13:36 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 13:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4761 |