Adistiana, Reza and Rufran, Zulkarnain and Agus , Zainal (2012) KESESUAIAN ANTARA MATERI DAN TUJUAN PADA PELATIHAN TUTOR PAUD DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi PDF.pdf [thumbnail of Skripsi PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Pelatihan adalah bagian pendidikaan yang menyangkut proses belajar
untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan diluar system pendidikan
yang berlaku, dalam waktu yang relative singkat, dan dengan menggunakan
metode yang lebih mengutamakan praktik daripada teori.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas materi dan tujuan serta
kesesuaian antara materi dan tujuan pada pelatihan tutor PAUD di Sanggar
Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan rumus rerata hitung.
Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kualitas tujuan pada
pelatihan tutor PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten
Bengkulu Selatan yaitu sebesar 76%, (2) kualitas materi pada pelatihan tutor
PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan
yaitu sebesar 72%, (3) kesesuaian antara materi dan tujuan pada pelatihan tutor
PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan
yaitu sebesar 73,14%, (4) perhitungan keseluruhan kesesuaian antara materi dan
tujuan pada pelatihan tutor PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Manna
Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu sebesar 73,71%. Berdasarkan temuan diatas,
disarankan (1) Perlu ditingkatkan lagi kualitas tujuan pelatihan tutor PAUD untuk
pelatihan-pelatihan tutor PAUD selanjutnya, walaupun tujuan pelatihan tutor
PAUD yang sudah berlangsung ini terkategori berkualitas, (2) Perlu ditingkatkan
lagi kualitas materi pelatihan tutor PAUD, misalnya saja dibeberapa materi
pelatihan masih perlu diperinci lagi agar kualitas materi lebih baik lagi untuk
pengadaan pelatihan tutor PAUD dimasa mendatang.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 14:06 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 14:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4771 |