UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUALSPASIAL MELALUI PERMAINAN POLA BENTUK DAN POLA WARNA

Wulandari, Tri and M. Nasirun, M. Nasirun and Sumarsih, Sumarsih (2013) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUALSPASIAL MELALUI PERMAINAN POLA BENTUK DAN POLA WARNA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-tri-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-tri-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui permainan pola bentuk dan pola warna dapat meningkat kecerdasan visual-spasial.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut: a) perencanaan, b) tindakan, c) pengamatan, d) Refleksi. Subjek penelitian berjumlah 14 orang anak kelas B2 PAUD Negeri Pembina 2 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Untuk mengamati peningkatan kecerdasan visual spasial anak setelah adanya proses pembelajaran menggunakan permainan pola bentuk dan pola warna. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selajutnya hasil yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Ada peningkatan pada kecerdasan visual pasial anak setelah diterapkannya permainan ini. Peningkatan dapat dilihat dari proses pembelajaran yang telah dilakukan dan hasil dari tiap-tiap siklus. Dimana siklus pertama dengan inti aspek pola bentuk mencapai persentase secara klasikal sebesar 58 % dan inti aspek pola warna memperoleh pesrsentase secara klasikal sebesar 58%.Meningkat disiklus II dengan inti aspek pola bentuk mencapai persentase secara klasikal sebesar 93% dan pada inti aspek pola warna memperoleh persentase secara klasikal sebesar 87%. Dengan melihat hasil disiklus kedua maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan. Dari hasil tersebut maka disarankan seorang guru agar menyiapakan hal-hal yang mendukung terlaksananya metode permainan dan memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk metode permainan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 14:35
Last Modified: 17 Dec 2013 14:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4778

Actions (login required)

View Item View Item