PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 25 SELUMA

Kustini, Kustini and Daimun , Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 25 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-kus.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (659kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-kus.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode problem solving melalui media kartu bilangan pada mata pelajaran matematika dikelas IV SD Negeri 25 Seluma. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Actions Research) melalui 4 tahapan yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri 25 Seluma yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 9 perempuan dan 10 laki-laki. Desain yang digunakan adalah Class Room Actions garis besarnya ada 4 tahap yang dilalui dalam penelitian tindakan ini yaitu : 1.perencanaan, 2. pelaksanaan, 3. pengamatan, dan 4. refleksi hasil yang dicapai. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : Observasi aktivitas guru pada siklus I ratarata 29,5 dengan kategori baik pada siklus 2 meningkat menjadi rata-rata 30 dan secara signifikan meningkat pada siklus 3 dengan rata-rata 33,5 dengan kategori baik. Observasi siswa pada siklus I rata-rata 27 dengan kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 31,5 dengan kategori baik dan secara signifikan meningkat pada siklus 3 dengan rata-rata 34 dengan kategori baik. Peningkatan ketuntasan hasil tes belajar siswa secara klasikal dari siklus I dengan nilai rata-rata 66,5 ketuntasan 43,7%meningkat pada siklus II dan III dengan rata-rata nilai 75,5 ketuntasan 85,5% dengan kategori baik. Demikian proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam melakukan penerapan metode problem solving menggunakan media kartu bilangan tentang penjumlahan dan penggurangan bilangan bulat pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 25 Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:39
Last Modified: 18 Dec 2013 13:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4899

Actions (login required)

View Item View Item