Rahayu, Magdalena and Ismail, Ismail and Karjiati, Karjiati (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KANDANG LIMUN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP,1-13-mag.fi.PDF - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (942kB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III,1-13-mag.fi.PDF - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI. Muhammadiyah Kandang Limun Kota Bengkulu dengan menerapkan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action reseacrh) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru
dan siswa kelas V MI. Muhammadiyah Kandang Limun Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes tertulis. Teknik
pengumpulan data terdiri dari observasi (pengamatan), tes dan dokumentasi. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai
presentase ketuntasan belajar siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam dua siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 26,5 dengan keriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor menjadi 4,56 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 25,5 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 diperoleh ratarata
skor menjadi 35 dengan kriteria baik. Adapun untuk hasil tes pada siklus 1 mendapat nilai rata-rata kelas 68,5 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 75% dan meningkat pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata
kelas 78,5 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil dan hasil belajar siswa kelas V MI. Muhammadiyah Kandang Limun
Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 14:00 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 14:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4907 |