IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING THROUGH MODELING

Rum, Taopid and Rudi , Afriazi and Imranuddin, Imranuddin (2012) IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING THROUGH MODELING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Thesis Taopid Rum-0.pdf] Text
Thesis Taopid Rum-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah
menginvestigasi penggunaan contextual teaching and learning melalui modeling dapat
meningkatkan pemahaman membaca siswa pada kemahiran kosa kata. Subjek penelitian
adalah siswa kelas XIph1 SMK N 3 Bengkulu yang terdiri dari 27 orang siswa. Untuk
melihat peningkatan pemahaman membaca siswa, peneliti menggunakan teknik
pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah tes kosa kata
dan lembar observasi. Berdasarkan analisa terhadap nilai tes kosa kata yang diadakan
oleh guru bahasa inggris di kelas tersebut, peneliti menerapkan contextual teaching and
learning melalui modeling di kelas pada siklus I yang kemudian dilanjutkan hingga siklus
III. Dapat dilihat kemahiran kosa kata siswa meningkat. Tes diadakan di setiap akhir
siklus untuk melihat peningkatan kemampuan membaca siswa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kemahiran kosa kata siswa meningkat. Rata-rata nilai siswa pada
siklus I adalah 58.29, siklus kedua adalah 65 dan siklus ketiga adalah 70.55. Penggunaan
contextual teaching and learning melalui modeling telah berhasil meningkatkan
kemahiran kosa kata siswa dalam peningkatan motivasi dan menampilkan tugas. Hal ini
juga dapat dilihat pada perbaikan perilaku siswa dalam kelas. Siswa termotivasi untuk
mencontohkan tugas dalam kegiatan kelas dan menjadi aktif

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 13:59
Last Modified: 18 Dec 2013 13:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4908

Actions (login required)

View Item
View Item