Efriani, Eti Dewi and Nani , Yuliantini and Herman , Lusa (2012) PENERAPAM MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ETI DEWI EFRIANI.pdf [thumbnail of ETI DEWI EFRIANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ETI DEWI EFRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan guru
dan siswa dalam proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dan rendahnya
hasil menulis karangan eksposisi siswa kelas V SD Negeri 58. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan guru dan siswa dalam
pembelajaran menulis karangan eksposisi dan meningkatkan kemampuan menulis
karangan eksposisi siswa kelas V di SD Negeri 58 kota Bengkulu melalui
penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian
yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 58 Kota
Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa
serta lembar hasil karangan siswa. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-
rata nilai, persentase ketuntasan belajar siswa, sedangkan data tes obsevasi
dianalisis dengan rata-rata skor data tes dan kriteria skor. Dari penelitian yang
telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa.
Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28 dengan kriteria
cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 36,5 dengan kriteria baik. Untuk
aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan
pada siklus II diperoleh ratarata skor 28 dengan kriteria baik. Kemudian untuk
hasil tes menulis karangan eksposisi pada siklus I mendapat nilai rata-rata 67,82
dengan ketuntasan belajar menulis karangan eksposisi secara klasikal 44,12%, dan
untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,15 dengan ketuntasan belajar menulis
karangan eksposisi secara klasikal 91,18%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 15:54 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 15:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4942 |