PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN BERMAIN PERAN PADA KELAS V SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU

Krisno, Triwidiyan and Lukman, Lukman and Herman , Lusa (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN BERMAIN PERAN PADA KELAS V SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of KRISNO TRIWIDIYAN.pdf] Text
KRISNO TRIWIDIYAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
PKn kelas V di SD Negeri No.24 Kota Bengkulu melalui Penerapan Model
Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Make A Match dengan Bermain Peran.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi guru dan siswa serta laporan
lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Kota
Bengkulu yang berjumlah 28 orang siswa. Dari hasil nilai observasi guru dari siklus I
dan II dengan kreteria baik yakni rata-rata dengan nilai 34 sedangkan nialai observasi
sisa rata-rata 25 dengan kreteria baik.Dengan hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa
yaitu, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 6,9, dan siklus II 7,61. Daya serap
klasikal pada siklus I sebesar 6,7%,siklus II 89,2%. Rata-rata aktifitas siswa pada
siklus I adalah 24 pada kriteria baik, siklus II 26 dengan kriteria baik. Sedangkan
untuk rata-rata skor aktifitas guru pada siklus I sebesar 33 pada kriteria baik, siklus II
35 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 16:39
Last Modified: 18 Dec 2013 16:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4953

Actions (login required)

View Item
View Item