MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN GEOMETRI DADU DI KELOMPOK B.6 TAMAN KANAK-KANAK WITRI 1 KOTA BENGKULU

Astuti, Kartika and Agus, Makmurtomo and Yulidesni, Yulidesni (2012) MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN GEOMETRI DADU DI KELOMPOK B.6 TAMAN KANAK-KANAK WITRI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of KARTIKA ASTUTI-0.pdf] Text
KARTIKA ASTUTI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Dalam kehidupan anak sehari-hari anak tidak dapat mengungkapkan bentuk
benda yang anak temui dalam kehidupannya, seperti bentuk televisi, meja, bentuk
bola, kue donat kesukanya. Oleh sebab ini penelitian bertujuan mendeskripsikan
permainan yang menari minat anak dalam mengenal bentuk geometri, dengan
melihat ke bentuk gambar yang biasa dilihatnya sehari-hari. Dengan permainan
geometri dadu ini di harapkan anak semakin bertambah pemahaman dalam
mengenal bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas yang mana subjek penelitian adalah perserta didik di kelompok
B.6 Taman Kanak-Kanak Witri l yang berjumlah 10 orang anak, terdiri dari 6
orang anak laki-laki dan 4 orang anak Perempuan. Penelitian ini melalui 3 siklus ,
yang mana data di analisis menggunakan nilai K ( Keberhasilan ),hasil yang di
dapat pada siklus l rata-rata = 8 dengan nilai K = 24 % , siklus ll rata-rata
8,8 dengan nilai K = 44 % dan pada siklus lll rata-rata = 9,6 dengan nilai K =
80.7 %. Hal ini di lihat dari masing-masing siklus menunjukkan selalu ada
peningkatan, Berarti permainan geometri dadu sudah dapat di katakan 80,7 %
berhasil . Dengan demikin dapat di simpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
dengan penerapan permainan geometri dadu dapat mengembangkan kognitif
anak di Taman Kanak-Kanak Witri 1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 08:09
Last Modified: 19 Dec 2013 08:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item
View Item