Rifaldi, Andri and Sazili, Muchtar and Resnani, Resnani (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 25 BENGKULU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ANDRI RIFALDI.pdf [thumbnail of ANDRI RIFALDI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANDRI RIFALDI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (836kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran
dan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri
25 Bengkulu Selatan dengan menggunakan metode peta konsep. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus melalui tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas V SD Negeri 25 Bengkulu Selatan pada semester I
tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan yaitu Lembar
Observasi dan tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor,
skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap
kriteria, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata
nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang di peroleh dari
penelitian yaitu : (1) siklus I dengan akhir aktivitas guru yaitu 17,5 dengan
kategori cukup, nilai akhir aktivitas siswa 17 dengan kategori cukup, setelah
diberi tindakan di siklus I nilai rata-rata prestasi belajar siswa yaitu 67,25
dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5%. (2) siklus II dengan akhir
aktivitas guru yaitu 23 dengan kategori baik, nilai akhir aktivitas siswa 23
dengan kategori baik, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yaitu
73,87 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode
peta konsep dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan Deskripsi
pada siswa kelas VI SD Negeri 25 Bengkulu Selatan Tahun pelajaran
2011/2012.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 09:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 09:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5009 |