Leo Putra, Age and Sazili, Muchtar and Resnani, Resnani (2012) PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV MIN TALANG TINGGI BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![AGE LEO PUTRA.pdf [thumbnail of AGE LEO PUTRA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AGE LEO PUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan
prestasi siswa melalui penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar mata
pelajaran Sains siswa kelas IV di MIN Talang Tinggi, Kabupaten Bengkulu
Selatan. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan 2 siklus yang tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas
IV MIN Talang Tinggi Kabupaten Bengkulu Selatan. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis
dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran
nilai untuk setiap kriteria, sedangkan data tes dianalisis dengan
menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar
klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran dengan
penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan
keaktifan pembelajaran Sains di MIN Talang Tinggi Bengkulu Selatan. (2)
Pembelajaran dengan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat
meningkatkan prestasi pembelajaran Sains di MIN Talang Tinggi Bengkulu
Selatan. (3). Dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan lingkungan
sebagai media pembelajaran sudah berjalan dengan baik, baik untuk aktifitas
guru maupun aktifitas siswa. Peningkatan dari siklus I dengan skor 22,5
menjadi 35 pada siklus II dari kriteria cukup ke kriteria baik untuk guru serta
dari skor 27 menjadi 33,5 siklus II untuk keaktifan siswa dari cukup ke baik
menunjukkan bahwa metode yang dipakai telah berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 09:32 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 09:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5013 |