PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 104 BENGKULU SELATAN

Burhan, Burhan and Sazili, Muchtar and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 104 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of BURHAN.pdf] Text
BURHAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Pendekatan kontekstual melalui
metode creative problem solving (CPS). untuk meningkatkan kualitas
proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 104
Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian
Tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam
dua siklus. setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas IV SDN 104 Bengkulu Selatan dengan jumlah siswa
30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru,
lembar observasi siswa, lembar tes tertulis, lembar afektif dan lembar
psikomotor. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor
dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan
rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan analisis
data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi
guru sebesar 37,75 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi
siswa sebesar 37 dengan kriteria baik.Pada siklus II rata-rata skor
observasi guru meningkat sebesar 44 dengan kriteria baik dan rata-rata
skor observasi siswa meningkat sebesar 43,5 dengan kriteria baik. Hasil
tes siswa pada siklus I adalah nilai rata-rata kelas 63,7 dengan ketuntasan
belajar secara klasikal adalah 53%, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-
rata kelas 79,83 dengan ketuntasan belajar secara klasikal adalah 80%.
Untuk penilaian afektif pada siklus I diperoleh skor 79,45 dengan
ketuntasan belajar secara klasikal adalah 76% dan pada siklus II diperoleh
skor 86,38 dengan ketuntasan belajar secara klasikal adalah 86%. Untuk
penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor 76,73 dengan
ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 70% dan pada siklus II
diperoleh skor 83,41 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai
76%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses
pembelajaran IPS dengan menerapkan pendekatan kontekstual melalui
metode CPS dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:09
Last Modified: 19 Dec 2013 15:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item
View Item