Irlini, Yiyin and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 05 TANJUNG KEMUNING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI YIYIN IRLINI LENGKAP PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI YIYIN IRLINI LENGKAP PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YIYIN IRLINI LENGKAP PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan
dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan tema
lingkungan menggunakan media gambar di kelas III SDN 05 Tanjung
Kemuning, yang dilaksanakan secara siklus persiklus, setiap siklus melalui
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas III SDN 05 Tanjung Kemuning yang berjumlah 17
siswa. Instrumen yang digunakan yaitu, lembar tes dan lembar observasi.
Tes tertulis dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, persentase
ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal, sedangkan data
observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor, kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil
yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) Siklus I dengan rata-rata skor
observasi aktivitas guru 20 kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas
siswa 21 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata yaitu IPA 6,52, PKn 6,52,
MTK 6,17 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu IPA 52,9%, PKn 52,9%, MTK
70,5% ; (2) Siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 23 kategori
baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 22 kategori baik, sedangkan
nilai rata-rata yaitu IPA 7,88, PKn 7,82, MTK 7,17 dan ketuntasan belajar
klasikal yaitu IPA 88,2%, PKn 88,2%, MTK 88,2%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran
tematik dengan tema lingkungan menggunakan media gambar dapat
meningkatkan kualita proses pembelajaran tematik dan dapat meningkatkan
ketuntasan belajar siswa kelas III SDN 05 Tanjung Kemuning. Maka
disarankan kepada guru sekolah dasar khususnya dalam mengajarkan
pembelajaran di kelas rendah agar menerapkan pembelajaran tematik
dengan menggunakan media gambar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 16:43 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 16:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5074 |