Fartikasary, Novvy and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2011) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 06 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![NOVY PARTIKASARIE.pdf [thumbnail of NOVY PARTIKASARIE.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NOVY PARTIKASARIE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (602kB)
Abstract
Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan peningkatan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kls IV SD Negeri 06 Bengkulu
Selatan melalui penerapan metode Cooperative Learning tipe tekhnik Kepala
Bernomor Struktur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dua siklus, instrumen penelitian yang digunakan
adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi terdiri dari lembar
observasi aktivitas guru dan siswa, data hasil belajar yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif dengan mengacu kepada ketuntasan belajar
secara klasikal.Hasil yang diperoleh dalam penelitian yaitu pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 34 dengan kriteria baik
dan rata-rata skor observasi siswa 39,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis
ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 52,7% dengan nilai
rata-rata 6,90.Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat
menjadi 91,66% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,06 dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Cooperative Learning
tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam
proses pembelajaran khususnya di kelas IV SD Negeri 06 Bengkulu Selatan.
Kata kunci: Metode cooperative learning tipe, PKn, keaktifan dan prestasi
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:39 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5095 |