PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN 03 BATIK NAU KABUPATEN BENGKULU UTARA

Rahmayudi., Rony and Sri , Dadi and Daimun , Hambali (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN 03 BATIK NAU KABUPATEN BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Rony Rahmayudi-0.pdf] Text
Skripsi Rony Rahmayudi-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk , 1) Meningkatkan hasil proses pembelajaran , 2)
Meningkatkan keterampilan sosial siswa dan, 3) Meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
Think-Pair-Share di kelas IV SDN 03 Batik Nau. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang
digunakan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data tes dianalisis
dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal,
sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata nilai dan kreteria nilai. Hasil
yang diproleh yaitu, 1) Siklus I dengan rata-rata skor aktivitas guru 37 dengan
kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata 47.5 dengan kriteria baik.
Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 36.75 dengan kategori
cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 47.5 dengan kriteria baik. 2)
Keterampilan sosial siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar
50% dan pada siklus II meningkat menjadi 81.25%. 3) Kemudian untuk hasil
belajar siswa silus I diperoleh rata-rata nilai 62.18 dengan persentase ketuntasan
belajar klasikal siswa sebesar 56,25% dan untuk siklus II diperoleh rata-rata nilai
sebesar 71,8 dengan persentase ketuntasan belajar kalsikal sebesar 81,25%, dan
untuk nilai kelompok pada siklus I baru 4 kelompok dari 8 kelompok yang
mendapat nilai ? 7 dengan persentase ketuntasan belajar kelompok sebesar 50%,
pada siklus II meningkat menjadi 7 kelompok yang berada pada kategori tuntas
dengan persentase ketuntasan belajar kelompok sebesar 87,5%. Untuk aspek
afektif siswa pada siklus I didapat persentase ketuntasan sebesar 43.75% dan pada
siklus II meningkat menjadi 81.25%. Sedangkan Untuk aspek psikomotor siswa
pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 50% dan pada siklus II meningkat
87.5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS siswa di kelas IV SDN 03 Batik Nau. Maka disarankan
kepada guru bidang studi mata pelajaran IPS yang ingin menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share hendakanya lebih memperhatikan
proses Pair (memecahkan masalah secara berpasangan) dengan cara mengarahkan
dan membimbing siswa untuk dapat saling bekerjasama dalam proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:51
Last Modified: 20 Dec 2013 10:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item
View Item