UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT PADA MATERI PERKALIAN KELAS IV DI SD NEGERI 04 KAUR TENGAH

Marliah, Titi and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT PADA MATERI PERKALIAN KELAS IV DI SD NEGERI 04 KAUR TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI TITI MARLIAH PDF OK 1.pdf] Text
SKRIPSI TITI MARLIAH PDF OK 1.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil
belajar siswa pada materi perkalian di kelas IV SD Negeri 04 Kaur Tengah
dengan menggunakan media konkrit. Metode penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus
melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 04 Kaur Tengah.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan
lembar tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan rumus rata-rata skor dan
persentase ketuntasan balajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian
adalah: (1) siklus I Tes, dari hasil pengamatan pada siklus I hasil belajar siswa
dengan rata – rata 5,55 penilaian aktivitas siswa dengan skor > 60 hanya 30%. (2)
siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa rata – rata menjadi 7,9
penilaian aktivitas siswa dengan skor > 60 hanya 95%. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
media konkrit
dapat
meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 04
Kaur Tengah. Dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan media
konkrit dapat meningkatkan penguasaan materi siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:35
Last Modified: 20 Dec 2013 11:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item
View Item