Penerapan Model Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas VB Sekolah Dasar Negeri 03 Kota Bengkulu

iswandi,, Tomi and Rosene , Medriati and Nani , Yuliantini (2012) Penerapan Model Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas VB Sekolah Dasar Negeri 03 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of TOMI ISWANDI.pdf] Text
TOMI ISWANDI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 03 Kota Bengkulu
melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis
penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap
yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap
refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa,
lembar penilaian afektif, psikomotor, ,lembar kerja kelompok serta lembar tes
tertulis dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata observasi aktivitas guru
siklus I 29,25 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II menjadi 37,75
dengan kriteria baik. Analisis data observasi aktivitas siswa pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata sebesar 29,5 dengan kriteria cukup dan meningkat
menjadi 38,25 pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil analisis data penilaian
afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,30 dan meningkat menjadi 2,53
pada siklus II. Hasil analisis data penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata 2,36 dan meningkat menjadi 2,61 pada siklus II, dan Hasil analisis
ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 58,8% dengan nilai rata-
rata 67,07 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,29% dengan nilai rata-rata
sebesar 78,82. Kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning
(PBL) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya siswa kelas VB Sekolah Dasar
Negeri 03 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:43
Last Modified: 20 Dec 2013 12:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item
View Item