PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PERKULIAHAN MEDAN ELEKTROMAGNETIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Rohadi, Nyoman (2012) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PERKULIAHAN MEDAN ELEKTROMAGNETIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH. EXACTA, 10 (2). pp. 119-123. ISSN 1412-3617

[thumbnail of Journal]
Preview
Text (Journal)
04. Nyoman Rohadi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian pembelajaran telah dilakukan pada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas
Bengkulu dalam mata kuliah listrik magnet. Penelitian pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan aktivitas
belajar dan hasil belajarnya dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah berbasis
keterampilan berpikir. Penelitian pembelajaran dilakukan dalam 3 siklus meliputi proses perkuliahan di kelas
dan kegiatan praktikum di laboratorium fisika. Mengikuti tahap-tahap kegiatan sesuai model pembelajaran
berdasarkan masalah, dikembangkan (1) lembar kerja mahasiswa, (2) lembar observasi aktivitas belajar
mahasiswa, dan (3) alat evaluasi hasil belajar (posttest). Hasil yang diperoleh berupa (1) hasil belajar akhir
mahasiswa meningkat 77,27% dibandingkan dengan hasil pretest, (2) aktivitas belajar mahasiswa meningkat
dari siklus ke siklus, dan (3) penggunaan tingkat berpikir mahasiswa berkisar memahami C2, menerapkan C3
dan menganalisis C4 sesuai dengan berpikir kognitif taksonomi bloom.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 28 Mar 2013 22:24
Last Modified: 28 Mar 2013 22:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item
View Item