MODEL KEGIATAN LABORATORIUM BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG DAN OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA

Putri , Desy Hanisa and M. , Sutarno (2012) MODEL KEGIATAN LABORATORIUM BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN GELOMBANG DAN OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA. EXACTA, 10 (2). pp. 148-155. ISSN 1412-3617

[thumbnail of Journal]
Preview
Text (Journal)
11. Desy Hanisa Putri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan model kegiatan laboratorium berbasis problem solving pada
pembelajaran gelombang dan optik untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group design yang
dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu tahun akademik
2012/2013 yang mengambil matakuliah gelombang dan optik. Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan proses sains, dan angket
tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain
keterampilan proses sains 0,49 untuk kelas eksperimen dan 0,35 untuk kelas kontrol. Rata-rata N-gain
pemahaman konsep 0,53 untuk kelas eksperimen dan 0,43 untuk kelas kontrol. N-gain keterampilan proses
sains tertinggi kelas eksperimen sebesar 0,75 terjadi pada indikator keterampilan mengamati dan terendah
sebesar 0,31 pada indikator keterampilan menerapkan konsep. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel
independen menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa yang mengikuti
pembelajaran dengan menerapkan model kegiatan laboratorium berbasis problem solving secara signifikan
lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan kegiatan
praktikum verifikasi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 28 Mar 2013 22:49
Last Modified: 28 Mar 2013 22:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item
View Item